Testimoni Belajar Psikologi Pendidikan
Kali ini saya akan menyampaikan testimoni saya selama saya
belajar psikologi pendidikan. Mata kuliah yang satu ini sangat unik, karena
tidak terdapat presentasi selama perkuliahan. Awalnya saya bingung dan bertanya
kepada kawan- kawan kalau saya kelompok berapa dan membahas topik apa. Tetapi ternyata
tidak ada mempresentasikan tugas kelompok di dalam kontrak. Yang pertama saya
pikirkan ialah kok bisa? Karena selama dua semester saya berkuliah di
Psikologi, pasti selalu presentasi.
Kemudian kami
perkelompok mendapatkan tugas untuk melakukan observasi ke sekolah-sekolah. Ini
adalah tugas observasi pertama saya selama saya kuliah. Dan perasaan saya
sangat amazed. Saya sangat antusias dalam mengerjakan tugas tersebut. Lalu kami
juga mendapatkan tugas membuat blog sebelum UTS dan setelah UTS. Saya bersyukur
mendapatkan ilmu-ilmu dari dosen dosen di Psikologi. Salah satunya dosen dalam
mata kuliah Psikologi pendidikan yang sudah memberikan tugas membuat blog ini. Karena
jujur, saya belum pernah menggunakan blog sama sekali. Saya kurang menyukain
menulis di blog. Tetapi setelah mendapatkan tugas ini saya menyukai menulis. Apalagi
banyak template- template yang cantik yang bersedia menghiasi blog saya.
Belajar di psikologi
memberikan saya sangaaat banyak pelajaran yang bisa di aplikasikan di dalam
kehidupan sehari-hari. Salah satunya belajar psikologi pendidikan. Selain bisa
diaplikasikan untuk saya sendiri, bisa juga ketika saya sudah memiliki anak
kelak hehe… Masih banyak orang tua, terutama ibu- ibu yang tidak mengetahui
cara agar anaknya mau belajar. Dan mungkin kenapa anak tersebut malas belajar. Di
Psikologi pendidikan sangat membantu para ibu untuk meningkatkan keinginan
belajar si anak. Dan bisa menjadi temannya dalam berbagai hal terutama belajar.
Belajar
APA
ITU PEMBELAJARAN?
Proses
belajar atau pembelajaran adalah focus utama dalam psikologi pendidikan. Ketika
orang ditanya apa fungsi sekolah itu, mereka biasanya akan menjawab, “ Membantu
murid untuk belajar.” Pembelajaran (Learning) dapat didefinisikan sebagai
pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan, dan keterampilan berpikir, yang
diperoleh melalui pengalaman.
Tidak semua yang kita tahu itu diperoleh melalui
belajar. Kita mewarisi beberapa kemampuan- kemampuan itu ada sejak lahir, tidak
dipelajari. Misalnya, kita tidak harus diajari untuk menelan makanan,
berteriak, atau berkedip saat silau. Pembelajaran melibatkan perilaku akademik
dan non-akademik. Pembelajaran berlangsung di sekolah dan di mana saja di
seputar dunia anak.
Pendekatan
untuk Pembelajaran
Telah
ada pandangan tentang pendekatan untuk pembelajaran, di antaranya pendekatan
kognitif dan behavioral.
Behavioral.
Behaviorisme
adalah pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman
yang dapat diamati, bukan dengan proses mental. Proses Mental didefinisikan oleh Psikolog sebagai pikiran,
perasaan, dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain. Proses
mental antara lain ialah pemikiran anak tentang cara membuat poster, perasaan
senang guru terhadap muridnya, dan motivasi anak untuk mengontrol perilakunya.
Kognitif.
Kita
akan mendiskusikan empat pendekatan kognitif utama untuk pembelajaran :
kognitif social; pemrosesan informasi kognitif; konstruktivis kognitif; dan
konstruktivis social. Kognitif social yang
menekankan bagaimana factor perilaku, lingkungan, dan orang (kognitif) saling
berinteraksi memengaruhi proses
pembelajaran. Pemrosesan Informasi menitikberatkan pada bagaimana anak memproses
informasi melalui perhatian, ingatan, pemikiran, dan proses kognitif lainnya. Konstruktivis kognitif menekankan
konstruksi kognitif terhadap pengetahuan dan pemahaman. Konstruktivis social focus pada kolaborasi dengan orang lain untuk
menghasilkan pengetahuan dan pemahaman.
Pendekatan
Behavioral untuk Pembelajaran
Pendekatan behavioral menekankan arti penting dari
bagaimana anak membuat hubungan antara pengalaman dan perilaku, pendekatan
behavioris pertama yang akan kita bahas adalah pengkondisian klasik.
Pengkondisian
Klasik adalah tipe pembelajaran di mana suatu organisme
belajar untuk mengaitkan atau mengasosiasikan stimuli. Dalam pengkondisian
klasik, stimulus netral (seperti melihat seseorang) diasosiasikan dengan stimulus yang bermakna
(seperti makanan) dan menimbulkan kapasitas untuk mengeluarkan respon yang
sama.
Pengkondisian
Operan (juga dinamakan pengkondisian instrumental) adalah
sebentuk pembelajaran dimana konsekuensi- konsekuensi dari perilaku
menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi, arsitek
utama dari pengkondisian operan adalah B.F. Skinner, yang pandangannya
didasarkan pada pandangan E.L. Thorndike.
Hukum
Efek Thorndike. Hukum efek (law effect) Thorndike menyatakan bahwa
perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku
yang diikuti hasil negative akan diperlemah.
Pengkondisian
Operan Skinner. Penguatan dan Hukuman. Penguatan
(imbalan) (reinforcement) adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa suatu perilaku akan terjadi. Sebaliknya,
Hukuman (Punishment) adalah
konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.
Penguatan berarti memperkuat. Dalam penguatan
positif, frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan stimulus yang
mendukung (rewarding), seperti dalam contoh di mana komentar positif guru
meningkatkan perilaku menulis murid. Demikian pula, memuji orang tua yang mau
hadir dalam rapat orang tua- guru mungkin akan mendorong mereka untuk kelak
ikut rapat lagi.
Dalam penguatan
negative, frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan penghilangan
stimulus yang merugikan (tidak menyenangkan) (friedman, 2002). Misalnya, ayah
mengomeli putranya agar mau mengerjakan PR. Dia terus mengomel. Akhirnya, anak
itu lelah mendengarkan omelan dan mengerjakan PR. Respons anak (mengerjakan PR)
menghilangkan stimulus yang tidak menyenangkan (omelan). Penguatan negative meningkatkan probabilitas
terjadinya suatu perilaku, sedangkan hukuman menurunkan probabilitas terjadinya
perilaku.
Pendidikan Multikultural psikologi pendidikan
PENDIDIKAN
MULTIKULTURAL
Pendidikan
multikultural adalah pendidikan yang menghargai
perbedaan dan mewadahi beragam perspektif dari berbagai kelompok kultural.
Tujuan penting dari pendidikan multikultural adalah pemerataan kesempatan bagi
semua murid. Pendidikan multikultural mencakup isu- isu yang berkaitan dengan
status sosioekonomi, etnisitas, dan gender. Karena keadilan sosial adalah salah
satu nilai dasar dari bidang ini, maka reduksi prasangka dan pedagogi ekuitas
menjadi komponen utamanya. Reduksi prasangka adalah aktivitas yang dapat
diimplementasikan guru di kelas untuk mengeliminasi pandangan negative dan
stereotip terhadap orang lain. Pedagogi ekuitas adalah modifikasi proses
pengajaran dengan memasukkan materi dan strategi pembelajaran yang tepat baik
itu untuk anak laki- laki maupun perempuan dan untuk semua sekelompok etnis.
Istilah Pemberdayaan
(empowerment) berarti memberi orang kemampuan intelektual dan keterampilan
memecahkan masalah agar berhasil dan menciptakan dunia yang lebih adil.
Pendidikan
yang berpusat pada isu juga merupakan aspek penting dari
pendidikan multicultural. Dalam pendekatan ini, murid di ajari secara
sistematis untuk mengkaji isu- isu yang berkaitan dengan kesetaraan dan
keadilan sosial. Pendidikan ini tak hanya mengklarifikasi nilai, tetapi juga
mengkaji alternatif dan konsekuensi dari pandangan tertentu yang dianut murid.
Meningkatkan
hubungan di antara anak dari kelompok etnis yang berbeda- beda. Ada
sejumlah strategi dan program untuk meningkatkan hubungan antar- anak dari
kelompok etnis yang berbeda- beda. Pertama-tama, kita akan mengdiskusikan salah
satu strategi yang paling kuat
· Kontak
personal dengan orang lain dari latar belakang kultural yang berbeda.
· Pengambilan
perspektif. ( latihan dan aktivitas yang membantu murid melihat perspektif
orang lain dapat meningkatkan relasi antar etnis)
· Pemikiran
kritis dan intelegensi emosional.
· Mengurangi
bias. (berikut beberapa strategi antibias yang direkomendasikan untuk guru: )
-
Ciptakan lingkungan kelas antibias
dengan memasang gambar anak dari berbagai latar belakang etnis dan kultural.
-
Pilih materi drama, seni, dan aktivitas
kelas yang memperkaya pemahaman etnis dan cultural.
-
Gunakan boneka “persona” untuk anak
kecil. Enam belas boneka mewakili latar belakang kultur dan etnis yang berbeda-
beda. Masing- masing boneka mempunyai kisah hidup yang didesain untuk
mengurangi bias.
-
Bantu murid menolak stereotip dan
diskriminasi.
-
Ikutlah dalam aktivitas peningkatan
kesadaran untuk memahami pandangan cultural anda sendiri secara lebih baik dan
untuk menangani stereotip atau bias yang mungkin anda miliki.
-
Bangun dialog guru/ orang tua yang
membuka diskusi tentang masing- masing pandangan; lakukan tukar menukar
informasi tentang bagaimana anak mengembangkan prasangka prasangka; dan beri
tahu orang tua tentang kurikulum antibias.
· Meningkatkan
toleransi.
· Sekolah
sebagai komunitas satu tim. (percaya bahwa tim komunitas merupakan cara terbaik
untuk mendidik anak.)
Cara menggunakan Power Point
Pengertian
PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office
PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program
komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket
aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel,
Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC
berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang
menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini
berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan,
apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan
trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti
nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint.
Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari
PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung
ke dalam paket Microsoft Office 2013.(wikipedia.org)
Spesifikasi
PowerPoint
PowerPoint adalah program aplikasi untuk presentasi
Dengan menggunakan program ini memungkinkan presenter membuat tampilan di layar silih berganti, dengan animasi seperti layaknya sebuah pertunjukan
Program ini cocok digunakan dalam pembelajaran, pelatihan, promosi perusahaan, layanan dan sejenisnya.
Dapat diintegrasikan dengan suara, gambar, bahkan film
Cara Membuka dan memilih tampilan
Membuka PowerPoint
Klik start
Sorot programs
Klik Microsoft Powerpoint
Atau ;
Klik ganda pada tombol shortcut PowerPoint
Memilih Tampilan Slide
Klik format
Sorot layout
Pilih tampilan yang diinginkan/sesuaiCara Dua macam tampilan
Slide design
Tersedia beberapa pilihan
Disertai variasi gambar dan warna
Jika dipilih maka berlaku untuk semua slide
Slide layout
Tersedia beberapa plihan
Tidak berwarna
Jika dipilih hanya berlaku untuk satu slide, slide yang lain bisa dipilih layout yang lain lagi
Cara Memasukkan Teks
Klik pada kotak yang bertuliskan click to add title
Ketiklah teks yang Anda kehendaki
Klik lagi pada kotak lain yang tersedia
Ketik lagi teks yang Anda kehendaki
Begitu dan seterusnya. Cara Mengubah-ubah kotak
Perbesar/perkecil
Tempatkan petunjuk pada bulet di sekeliling kotak
Rendam klik kiri (drag) dan seretlah ke atas-bawah, kanan-kiri untuk perbesar/perkecil
Mengopy kotak
Sorot pinggir kotaksehingga keluar panah empat
Klik kanan
Keluar menu, pilih copy , klik lagi pilih pasteCara Menambah/menyisipkan slide
Menambahkan slide baru
Tempatkan petunjuk di bawah slide terakhir
Klik menu insert
Pilih new slide
PowerPoint adalah program aplikasi untuk presentasi
Dengan menggunakan program ini memungkinkan presenter membuat tampilan di layar silih berganti, dengan animasi seperti layaknya sebuah pertunjukan
Program ini cocok digunakan dalam pembelajaran, pelatihan, promosi perusahaan, layanan dan sejenisnya.
Dapat diintegrasikan dengan suara, gambar, bahkan film
Cara Membuka dan memilih tampilan
Membuka PowerPoint
Klik start
Sorot programs
Klik Microsoft Powerpoint
Atau ;
Klik ganda pada tombol shortcut PowerPoint
Memilih Tampilan Slide
Klik format
Sorot layout
Pilih tampilan yang diinginkan/sesuaiCara Dua macam tampilan
Slide design
Tersedia beberapa pilihan
Disertai variasi gambar dan warna
Jika dipilih maka berlaku untuk semua slide
Slide layout
Tersedia beberapa plihan
Tidak berwarna
Jika dipilih hanya berlaku untuk satu slide, slide yang lain bisa dipilih layout yang lain lagi
Cara Memasukkan Teks
Klik pada kotak yang bertuliskan click to add title
Ketiklah teks yang Anda kehendaki
Klik lagi pada kotak lain yang tersedia
Ketik lagi teks yang Anda kehendaki
Begitu dan seterusnya. Cara Mengubah-ubah kotak
Perbesar/perkecil
Tempatkan petunjuk pada bulet di sekeliling kotak
Rendam klik kiri (drag) dan seretlah ke atas-bawah, kanan-kiri untuk perbesar/perkecil
Mengopy kotak
Sorot pinggir kotaksehingga keluar panah empat
Klik kanan
Keluar menu, pilih copy , klik lagi pilih pasteCara Menambah/menyisipkan slide
Menambahkan slide baru
Tempatkan petunjuk di bawah slide terakhir
Klik menu insert
Pilih new slide
Menyisipkan
slide baru
Tempatkan petunjuk di antara slide yang akan disisipi
Pilih menu insert
Pilih new slide Cara Warna dasar dan warna teks
Warna dasar
Klik dalam kotak
Klik menu format
Pilih background
Pilih warna atau pattern yang sesuai
Klik apply
Warna kotak teks
Klik dalam kotak
Klik menu fill color
Pilih warna atau patern
Klik OK atau apply
Untuk Pemilihan warna dasar dan warna teks di atas Pilih menu yang sesuai untuk warna huruf & garis
Tempatkan petunjuk di antara slide yang akan disisipi
Pilih menu insert
Pilih new slide Cara Warna dasar dan warna teks
Warna dasar
Klik dalam kotak
Klik menu format
Pilih background
Pilih warna atau pattern yang sesuai
Klik apply
Warna kotak teks
Klik dalam kotak
Klik menu fill color
Pilih warna atau patern
Klik OK atau apply
Untuk Pemilihan warna dasar dan warna teks di atas Pilih menu yang sesuai untuk warna huruf & garis
Cara
Memasukkan animasi
Klik menu slide show
Pilih Custom Animation,
Klik kotak pertama untuk mengurutkan animasi
Klik panah add effect untuk memilih gerakan animasi
Klik panah teks 1 dan pilih effect options untuk menambahkan suara
Pilih jenis suara, dan menu-menu lain, lalu klik OK
Menggunakan hyperlink
Klik kotak teks yang akan dipertautkan (di-link)
Tempatkan petunjuk pada pinggir kotak sehingga keluar empat panah, klik kanan.
Pilih menu action settings
Klik hyperlink to dan pilih arah pertautan slide, kemudian klik OK
Centang pada highlight click untuk mengubah petunjuk panah menjadi tangan, kemudian klik OK
Cara Memainkan slide show
Pilih menu slide show
Sorot petunjuk ke view show.
Mainkan urutan tampil melalui klik kiri atau tombol enter
Atau.
Sorot petunjuk ke gambar gelas (kiri bawah)
Lanjutkan seperti cara di atas !
Cara Mencetak/ Print naskah dalam Power Point
Pilih menu File, sorot ke print
Pilih apakah dalam bentuk slide atau handout
Jika handout, pilih isi slide perhalaman, 4 atau 6 slide perhalaman
Pilih apakah akan dicetak color atau pure black white
Pilih OK.
Klik menu slide show
Pilih Custom Animation,
Klik kotak pertama untuk mengurutkan animasi
Klik panah add effect untuk memilih gerakan animasi
Klik panah teks 1 dan pilih effect options untuk menambahkan suara
Pilih jenis suara, dan menu-menu lain, lalu klik OK
Menggunakan hyperlink
Klik kotak teks yang akan dipertautkan (di-link)
Tempatkan petunjuk pada pinggir kotak sehingga keluar empat panah, klik kanan.
Pilih menu action settings
Klik hyperlink to dan pilih arah pertautan slide, kemudian klik OK
Centang pada highlight click untuk mengubah petunjuk panah menjadi tangan, kemudian klik OK
Cara Memainkan slide show
Pilih menu slide show
Sorot petunjuk ke view show.
Mainkan urutan tampil melalui klik kiri atau tombol enter
Atau.
Sorot petunjuk ke gambar gelas (kiri bawah)
Lanjutkan seperti cara di atas !
Cara Mencetak/ Print naskah dalam Power Point
Pilih menu File, sorot ke print
Pilih apakah dalam bentuk slide atau handout
Jika handout, pilih isi slide perhalaman, 4 atau 6 slide perhalaman
Pilih apakah akan dicetak color atau pure black white
Pilih OK.
SELAMAT MENCOBA :)
Kenapa menjadi mahasiswa Psikologi?
Mungkin sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita kalau menjadi mahasiswa psikologi diidentikkan dengan pandai membaca pikiran orang atau isi hatinya, bahkan sampai bisa meramal kehidupan seseorang.
pertanyaan-pertanyaan tersebut sering sekali dilontarkan kepada para mahasiswa psikologi.
Awalnya kami kewalahan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.Tapi semakin dijelaskan dan akhirnya kami pun mulai mengerti.
Memang pelajaran yang kita pelajari di Psikologi terkait dengan tingkah laku manusia. Namun bukan berarti para mahasiswa psikologi dapat membaca pikiran orang lain. karena psikologi adalah scientific. harus melalui beberapa tahapan dan observasi terlebih dahulu.
Psikologi dari tahun ketahun semakin maju dan berkembang.mungkin salah satu pemicunya ialah banyaknya perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja Psikolog dan banyaknya orang yang mudah terganggu psikisnya akibat masalah-masalah yang dialaminya.peran psikologi dalam kehidupan masyarakat sangatlah penting. Para Psikolog adalah dokter jiwanya masyarakat.karena jika Jiwa kita sehat maka akan mendukung kesehatan Jasmani kita.
Psikologi dari tahun ketahun semakin maju dan berkembang.mungkin salah satu pemicunya ialah banyaknya perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja Psikolog dan banyaknya orang yang mudah terganggu psikisnya akibat masalah-masalah yang dialaminya.peran psikologi dalam kehidupan masyarakat sangatlah penting. Para Psikolog adalah dokter jiwanya masyarakat.karena jika Jiwa kita sehat maka akan mendukung kesehatan Jasmani kita.
Menjadi mahasiswa di Psikologi memiliki ketertarikan tersendiri. Dapat mengetahui karakter seseorang, dapat mengetahui suasana perasaan seseorang dari wajahnya, dapat membantu menyelesaikan masalah teman dan lainnya.Mungkin inilah salah satu alasan kami para mahasiswa Psikologi kenapa menjadi mahasiswa di Psikologi...
Cara Membuat Ice Cream Pot
Bahan :
-Ice Cream rasa Coklat
-Oreo
-daunt mint
-Cacing jely
-Pot ukuran kecil
-Aluminium foil
Cara Membuat :
-Potong aluminium foil sesuai ukuran
-Lapisi pot dengan aluminium foil
-Masukkan ice cream sesuai selera ke dalam pot
-Hancurkan oreo hingga seperti tanah
-Taburkan diatas ice cream sehingga terlihat seperti tanah didalam pot
-Terakhir, tambahkan cacing jely dan daun mint diatas oreo.
-Ready to eat
Selamat mencoba :)
-Ice Cream rasa Coklat
-Oreo
-daunt mint
-Cacing jely
-Pot ukuran kecil
-Aluminium foil
Cara Membuat :
-Potong aluminium foil sesuai ukuran
-Lapisi pot dengan aluminium foil
-Masukkan ice cream sesuai selera ke dalam pot
-Hancurkan oreo hingga seperti tanah
-Taburkan diatas ice cream sehingga terlihat seperti tanah didalam pot
-Terakhir, tambahkan cacing jely dan daun mint diatas oreo.
-Ready to eat
Selamat mencoba :)
Langganan:
Postingan
(
Atom
)
Mengenai Saya
Arsip Blog
Diberdayakan oleh Blogger.